Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Excel

Belajar Excel

AlbinusTejoS.com - Microsoft Excel merupakan program aplikasi lembar kerja atau spreadsheet yang paling populer dan paling banyak digunakan hingga saat ini, dan merupakan bagian dari software Microsoft Office, baik Microsoft Office 2019 maupun yang lebih lawas, selalu memuat Microsoft Excel dalam satuan kerja software ini. 

Sekedar info yang mungkin sudah sebagian sobATS ketahui, selain Microsoft Excel, program lain yang paling banyak digunakan dalam Microsoft Office adalah Microsoft Word dan PowerPoint.

Fungsi utama program Microsoft Excel adalah untuk menghitung, menganalisa, memproyeksi, hingga mempresentasikan data yang kita kerjakan.

Oh ya, versi terbaru Microsoft Office pada saat artikel ini ditulis pada Maret 2021 adalah Microsoft Office 2019. 

Saya pribadi menggunakan versi Office 365 ya SobATS, jadi tampilan dan fiturnya akan menyesuaikan otomatis dengan versi terbaru dari produk Office setelah diupdate. hehe... 

Microsoft Excel sendiri biasanya paling banyak digunakan untuk kebutuhan pembuatan laporan-laporan keuangan, atau laporan-laporan lain yang membutuhkan tabel.

Selain untuk membuat laporan, biasanya saya menggunakan Microsoft Excel untuk membuat format laporan tertentu, format invoice, maupun absen manual untuk kebutuhan di sekolah tempat saya honor dulu.

Jadi gunanya cukup banyak ya sobATS. 

Mungkin ada sobATS yang bertanya, jika untuk membuat tabel-tabel atau laporan-laporan kenapa nggak bikin di Microsoft Word aja? kan di Word juga bisa bikin tabel?

Benar sobATS, di Word memang bisa bikin tabel juga. 
Tapi dengan Microsoft Excel, kita nggak perlu lagi menghitung secara terpisah menggunakan kalkulator.

Dengan Excel, kita langsung bisa membuat hitungan dengan rumus tertentu secara lebih mudah dan lebih cepat. Nggak perlu lagi tuh salah-salah menghitung atau sampe mata pegel ngeliat tulisan yang kecil-kecil lalu kemudian salah hitung, waduh.... 

Sebagai contoh, untuk mencari nilai rata-rata suatu data biasanya kita akan menjumlahkan seluruh data yang ada, baru kemudian membagi hasilnya dengan banyaknya data yang ada (yang kita jumlahkan).

Namun dengan menggunakan program Excel, untuk menghitung rata-rata, kita hanya perlu memasukkan sebuah rumus:
=AVERAGE(cell tabel seluruh data yang ingin dicari rata-ratanya)
kemudian menekan tombol ENTER.
dan taraaaaa.... Nilai rata-rata langsung tersaji di cell tabel dimana kita menginput rumus AVERAGE tadi. 😎 

Dengan menggunakan Excel, ribet-ribet penghitungan akan dijamin hilang seketika. hehehe...

Nah sobATS, di blog ini, saya akan sharing semua yang saya ketahui dan pelajari tentang kegunaan excel, rumus-rumus excel dan contoh cara penggunaannya, serta tips dan trik excel, dan sebisa mungkin akan kita bahas secara mudah dan jelas.


Yang akan kita pelajari akan dimulai dari basic ya sobATS, supaya kita semuanya bisa mengikuti dan paham, agar sesuai dengan tujuan kita yaitu untuk berbagi cara belajar excel untuk pemula. 😁

SobATS akan belajar bareng saya disini mulai dari:
  1. Mengenal tampilan default Excel, mulai dari Ribbon, Tab File, Quick Access Toolbar, dan Lembar Kerja Excel; [Link]
  2. Mengelola file Excel, seperti membuat File Excel hingga menyimpan Buku Kerja Excel;[Link]
  3. Mengatur lembar kerja Excel, seperti mengatur lebar dan tinggi cell tabel hingga mengatur bentuk dan ukuran huruf; [Link]
  4. Mengatur format tampilan data, seperti tampilan data tanggal, waktu, atau bentuk currency (simbol keuangan tertentu); [Link]
  5. Memindahkan dan menyalin data dari cell ke cell lain; [Link]
  6. Menggunakan conditional formatting di Excel; [Link]
  7. Menggunakan grafik, gambar, dan diagram di Excel; [Link]
  8. Menggunakan rumus-rumus Excel, mulai dari rumus excel dasar hingga ke tingkat yang lebih tinggi; [Link]
  9. Menggunakan fungsi-fungsi Excel yang sering digunakan; [Link]

Doakan supaya lancar waktu saya dan tidak ada halangan apapun ya sobATS... 
Sampai jumpa di pembahasan berikutnya. 😉

Posting Komentar untuk "Belajar Excel"

spreadfbs